Go!Blog!

Reuni SMANISDA 2009

Posted on: November 2, 2009

Kemarin ada reuni SMA-ku, SMA Negeri 1 Sidoarjo. Nggak murni reuni sih, karena sekaligus jadi ajang Halal Bi Halal bagi Paguyuban Arek Delta Sidoarjo (PADS).

Setelah di sebar lewat milis, dan beberapa bilang sanggup dateng dan siap meramaikan acara. I thought it would be attended by SMANISDA Alumni only, tapi ternyata tidak. Yang bukan alumni SMANISDA pun ikut meramaikan, mereka adalah anggota PADS.

Acaranya di daerah Ciputat Raya, ndak jauh sama Gedung Fedex. Awalnya ragu, datang gak ya ? biasanya kalo ada acara reuni gini aku jarang dateng kecuali kalo reuni sekelas. Ditambah lagi, aku gak tahu daerah ciputat itu daerah mana. Kesana naik kopaja nomer berapa, trus pindah angkot nomer berapa ? aku masih buta jakarta!! Untungnya di milis di sertakan juga, cara ke sana-nya. Patokannya, terminal Lebak Bulus.

Alhamdulillah, aku tiba dengan selamat tanpa suatu halangan apapun *halah*. Setiba disana… JRENGGGG!! he?? kok ndak ada yang aku kenal satupun ?? mampus!! Cuek aja ah… paling-paling temen-temenlagi nggerombol di dalem. Dengan PD-nya aku masuk. Semakin jauh masuk kedalam….. lah..lah.. tenan to.. ra onok seng kenal!! Matek tenan aku!!

Akhirnya, demi sopan santun, aku coba tanya… yang mana tuan rumahnya. Kuberanikan diri juga akhirnya salaman sama Pak Soemanadi, tuan rumah. Ku kenalkan diriku sebentar. Dan tetap dengan kepala toleh kanan-kiri, nyari bolo kurowo aku nyari tempat duduk. Dan sampe aku duduk, ndak satupun wajah yang aku kenal!!

Sifat pemaluku keluar lagi *dikemplang cowek*, meski ada kupang lontong, bakso, dan rujak cingur di situ, aku gak berani ngambil. Dodol gak tuh?? saking pemalunya dirikuh. Heii… Im serious!! Untung tak lama ada Mas Rulan. hehehe… at least ada orang yang aku kenal.

Dengan malu-malu nggragas, akhirnya ngambil juga rujak cingur. Baru separuh makan, eh lah kok mc bilang, kepada alumni SMANISDA diharapkan untuk menuju gedung kayu, RAPAT INTERNAL.

Gedung kayu ini sehari-harinya jadi kelas untuk sekolah emerald. Dan di gedung ini, lagi-lagi cuman Rulan yang aku kenal, lainnya ? blas ..gadhas… ra onok seng kenal!! kecuali Rulan dan Ita teman seangkatan, itupun Ita masuk ke gedung kayu agak telat. Ada juga beberapa yang udah ‘kenal’ karena beliaunya yang terkenal. Yaitu Pak Ponadi (kepala sekolah SMANISDA sekarang), dan Pak Eko (Wakasek HUMAS). Untung ada sesi perkenalan.

Kayaknya topik konsolidasi jaringan alumni adalah topik abadi di tiap reuni. Ndak reuni kelas yang sedikit itu, ataupun reuni satu sekolah. Selalu saja topik konsolidasi jadi mengemuka. Entah kenapa, membangun jaringan alumni ini susahnya bukan main. Janganlah bilang sampai pada taraf memberdayakan jaringan, membangunnya saja butuh tenaga ekstra.

Beberapa usulan mengemuka, mulai dari bikin buletin sampe bikin website. Dari selebaran yang dibagikan kemarin, lumayan banyak kegiatan yang udah dilakukan, mulai dari pemberian beasiswa, bantuan ke korban lumpur lapindo, sampai sharing pengalaman dengan adik-adik siswa. Dari pelaksana tunggal acara yaitu Mas Rulan (ini orang dimana-mana ada… energinya gak pernah habis kayaknya, hehehe piss mas rulan *klo dia baca*), kendalanya cuman dua, dana dan tenaga.

Klasik sih. Masalah hampir semua organisasi. Kalo gak dana buat njalanin organisasi ya orang yang njalanin. Ibarat sebuah mobil, dana adalah bahan bakar sedang yang bekerja menjalankan adalah mesin. Dua-duanya penting dan saling terkait.

Sumber dana? siapa lagi kalo bukan dari alumni ? nah siapa saja alumninya ? itu tuh yang belum kedeteksi sampe sekarang. Database mungkin sudah ada, tapi ya gitu deh… kurang lengkap.

Menurutku sih, buletin bagus buat menggalang dana. Karena rencananya buletin ndak dibagikan gratis, tapi berbayar. Tapi yang jadi masalah adalah distribusi. Masalah yang gak gampang. Aku mikir, kenapa gak memanfaatkan facebook ?? Dari sesi perkenalan sebagian besar sudah punya akun facebook. Kenapa ndak itu saja di konekkan dulu.

Bikin akun resmi milik IKA-SMANISDA. Undang grup-grup facebook dari tiap angkatan kalo ada. Minta juga anggotanya buat jadi member di grup resmi IKA SMANISDA. Sebarkan di milis, tampilkan di website. Itu dulu… kalo semua sudah terkonek, baru perlahan-lahan di cari alumni-alumni potensial untuk mencari dana, menjadi penggerak kegiatan dll. Just my two cents.

Ah.. long way to go and not easy road lays ahead….

Btw, web-nya kok error yah ??

Powered by Zoundry Raven

Del.icio.us : , , , , , ,
Technorati : , , , , , ,

1 Response to "Reuni SMANISDA 2009"

[…] Sopo sih ? Reuni SMANISDA 2009 […]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: