Go!Blog!

backpacker ? seperti apa sih rasanya ?

Posted on: February 16, 2008

Menurut cak wiki:

Backpacking is a term that has historically been used to denote a form of low-cost, independent international travel. Terms such as independent travel and/or budget travel are often used interchangeably with backpacking. The factors that traditionally differentiate backpacking from other forms of tourism include but are not limited to the following: use of public transport as a means of travel, preference of youth hostels to traditional hotels, length of the trip vs. conventional vacations, use of a backpack, an interest in meeting the locals as well as seeing the sights.

Nah lo… puyeng nggak tuh, artinya aja aku gak ngerti, apalagi suruh njelasin. Kalo maksa juga sih ok deh aku terjemahin, intinya aja yah….😀 Jadi anak-anak (loh.. emang lagi di sekolah?), backpacker adalah pengembara yang berjalan kesana-kemari di seantero bumi secara mandiri, artinya gak ngikut program biro perjalanan gituh, dengan dana cekak, kadang malah ngutang ke sesama backpacker. Beda dari pelancong, umumnya backpacker lebih memilih transportasi umum, nebeng juga ok, dan lebih memilih hotel-hotel bertarif murah. Biasanya para backpacker ini sekali mengembara bisa butuh waktu yang lama… mungkin kalo mahasiswa, selama liburan musim panas bisa digunakan untuk ber-backpacker ria. Berama lama tuh ? ada kali 3 bulanan. Seperti pengalaman Ikal dan Arai di buku Edensor (Andrea Hirata).

Emang gak ada kerjaan ya ?

Mungkin. Tapi bukannya dengan berbackpacker ria mereka jadi punya kerjaan ? hehehehe…. Menurutku sih, lebih kepada hobby. Kalo udah hobby apa aja bisa di korbanin deh. Yang dicari ? apalagi kalo bukan kepuasan batin (karena di tantangin teman mungkin ? atau syarat biar si anu mau jadi pacarnya.. hehehehe ngaco abiss).

Hmm gimana dengan aku sendiri ? Kalo lihat tampat tempat yang dikunjungi seperti di ceritakan disini dan disini kayaknya asyik juga tuh. Njelajahin situs-situs purbakala, mengunjungi tempat wisata terkenal di dunia, bertemu dengan para backpacker dari belahan bumi dengan berbagai macam bahasa, logat, dan sifat. Waaa….. asyik deh kayaknya….

Sebagai pemula, enaknya kemana ya ? ada usul gak ? jangan yang jauh-jauh, seputaran P. Jawa aja, dengan total perjalanan (pergi-pulang) 2 hari. Boleh apa aja deh, pantai, danau, situs sejarah, taman nasional, gunung, dll

Ada yang mau join ? kirim komen aja, ntar lanjut via email.

oh ya, kalo mo bertukar pengalaman dan info ada tuh milisnya indobackpaker@yahoogroups.com. aku belum join sih, udah kebanyakan milis, entar aja kalii…

1 Response to "backpacker ? seperti apa sih rasanya ?"

aku jadi tertarik ikut menjadi seorang backpacker, pada liburan pertengahan juli aku dan teman-teman kelas berencana untuk pergi ke bali sebagai liburan semester, apakah ada saran mengenai backpacker amatiran seperti kami ini, mengenai apa yang harus kami persiapkan, berapa kira2 ongkosnya, daerah mana yang sebaiknya kami kunjungi dan lain-lain.

tolong dibantu ya…
terima kasih

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: