Go!Blog!

Ngurus SIM Sendiri yokkk

Posted on: January 30, 2008

Ogah ah.. mending minta ‘bantuan’, lebih cepet, lagian gak jauh beda bayarnya…. believe me, minta’bantuan’ pun aku rasa juga gak jauh beda prosedurnya, yang ada malah lebih mahal, sebagai ganti biaya panduan dari pemberi ‘bantuan’. Iya gak ?

Menurut pengalamaku sih ngurus SIM gak susah-susah amat, dan gak ada yang namanya ‘petugas’ yang nawarin ‘bantuan’, kecuali kalo sedari awal kitanya sendiri yang minta. Dengan alasan yang macem-macem, yg belibet lah, yang ini lah.. yang itulah…. itu dulu menn.. sekarang mah kagak ada bedanya.

Gak percaya ? lanjut dong bacanya…. klo habis baca terus bilang masih belibet juga, ya… as you wish lah…

Ini nich, pengalamanku waktu memperpanjang SIM-ku yg udah expired sekitar dua bulanan yang lalu. Perlu diingat, kalo lebih dari setahun maka harus mengajukan permohonan SIM baru.

  1. Beli dulu formulirnya, bisa di beli di koperasi kok harganya ? hmmm.. aku sih gak tau pasti, soalnya aku belinya bukan di koperasi tapi di orang lain. Waktu itu aku beli form + Map-nya seharga 15 ribu, cukup mahal juga hanya untuk mendapatkan formulir dan Map saja.
  2. Setelah isi form, siapkan fotokopi KTP dan SIM yang lama. itu untuk perpanjangan, kalo untuk permohonan baru, cuku kopi KTP saja.Kalo gak salah masing-masing 3 buah, mungkin 500 rupiah cukuplah untuk 3x KTP dan 3x SIM. Kalo pengen mudahnya sih, kasih aja ke tukang fotokopinya, bilang mo buat ngurus SIM, ato tunjukin aja form dan Mapnya… he knows how many he has to copy.πŸ™‚
  3. Next is Health Check.Kalo di Polres Sidoarjo sih gedungnya ada di luar kompleks Polres, jangan tanya kenapa ya!! tapi aneh juga, kok gak di masukkan ke dalam kompleks Polres aja yah. Au ah gelap. Prosedurnya juga gampang, serahkan map dan formnya, plus salinan SIM dan KTP, trus tunggu panggilan deh. jangan khawatir tesnya gak sulit kok, gak sampe tes narkoba segala…. cuman ditanyain, pake kacamata gak, dan tes buta warna, that’s all!! Meski cuman segitu keluarin dulu duit 10 ribu perak buat biaya tesnya. Aku lupa bukti suratnya ada apa kagak, yang aku inget ntar di map di kasih stempel tanda bukti tes kesehatan.
  4. Lanjut lagi ke asuransi. Untuk ini biayanya 17 ribu perak, ntar dikasih semacam kartu anggota gitu deh yg di laminating. selain itu ada tanda bukti juga klo kita dah bayar asuransi jasa raharja (seingatku dalam bentuk stempelan aja deh….). Antrian untuk pembayaran gak seberapa antri kok, plg cuman 5-10 menit dah selesai.
  5. Sidik jari. Minta dulu formnya, isi datanya. Jangan takut salah ngisi, soalnya di sekitar tempat pengambilan form ada contoh cara pengisian formnya. Abis diisi, pergi ke petugas sidik jari. Nah disini nih jari-jari kita di ambil sidiknya. Selesai ? masuklah ke dalam!! buat di data kode sidik jari kita apaan, trus dapet stempel deh, bahwa sudah sidik jari. Biayanya ? dun wurry.. this is absolutely free!!!
  6. Untuk permohonan baru bisa langsung lanjut ke next step, klo yg perpanjangan ke gedung bendel dulu. Ngapain disini ? hmm setelah aku kesana ternyata di sinilah data kita terkumpul. Cuman di pastiin aja apa emang data kita ada atau tidak. gitu… tapi kok manual ya ? padahal klo di komputerisasi kan lebih cepet. Tau deh!!
  7. Nah ini nih. langkah ini lah yg paling penting. Langkah-langkah di atas itu aslinya cuman buat menuhi persyaratan perpanjangan SIM. setelah semua syarat ok, kopi SIM + KTP, form di isi, tes kesehatan, asuransi, sidik jari, gedung bendel baru deh bisa masuk ke gedung utama. Jangan terkecoh, biaya perpanjangan SIM yg 60 ribu (75 ribu untuk permohonan baru) itu tidak termasuk biaya-biaya pemenuhan syarat di atas. So bawa uang lebih buat jaga-jaga.Di gedung utama inilah proses pembayaran dan pemotretan dilaksanakan, juga ujian materi untuk pemohon baru. bingung mulai dari mana ? nah di polres Sidoarjo, tempat pelayanan ini cukup informatif plg tidak tiap loket ada tulisannya..πŸ˜€

    Mulai dari loket yg paling kiri, serahkan aja mapnya, nah habis itu ada panggilan. ternyata, di dalam map kita udah ditambahin satu form lagi, jenis form yg lain, ada kode tertentu yg di tulis oleh petugasnya, jadi mungkin karena ini formnya gak langsung di taruh di tempat umum. Abis ngisi form (liat aja contohnya, ada kok!!) serahkan lagi.

  8. Tunggu panggilan (lagi), tapi sebelumnya siapkan duit buat bayarnya, tentunya sesuai jenis pengajuan, perpanjangan 60 rb, permohonan baru 75 rb. ingat itu untuk 1 jenis SIM, kalo mo buat dua jenis (mis. A dan C, maka harus bayar sendiri-sendiri).
  9. Setelah membayar, tunggu panggilan (lagi😦 ) untuk mendapat nomor antrian pemotretan. Untuk pemohon baru, masuk ruang ujian materi, letaknya di sebelah ruang tunggu untuk pemotretan, klo lulus baru ujian praktik.Setelah dapet nomor urut pemotretan (nunggunya lama oey!!! sejam lebih ada kalee…) tunggu panggilan lagi (klo ini gak lama plg cuman 10 menitan), konfirmasi data, potret. udah deh.

Sayangnya, SIM gak bisa hari itu jadi. So, harus nunggu lagi deh. hiks…. tapi over all pelayanannya prima, gak berbelit, dan informatif. Tapi mungkin ada beberapa yang perlu di hilangkan biar lebih cepat, seperti ke gedung bendel. Seharusnya kalau cuman cek data, bisa kan di jadikan satu di gedung utama. Entry data lama ? paling cuman sebulan cukup deh…. so gak perlu ngantri cuman buat ngecek data lagi kan ? apa emang perlu ada cek data yg gak bisa di gantiin dengan pengecekan lewat system online ? klo emang gitu ya …. wallahu ‘alam.

Gimana ?? mudah kan ? so kenapa harus lewat calo ?? Kalo masih ribet juga, tunggu aja program SIM/STNK keliling yang di adakan POLRI, sepertinya lebih mudah deh. Sayangnya aku belum pernah ikut. Ada yang pernah ? sharing pengalamannya dong!!

3 Responses to "Ngurus SIM Sendiri yokkk"

tes buta warnanya ga bisa di skip yah mas, bisa gagal ndak klo ga lolos tes buta warna?

@adhx:
hmmm… cant give u proper answer for that, why don’t u give it a try ?πŸ™‚ and let us know.

aq ktp sidoarjo

sim kediri :d kalo perpanjangan gimana yah?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: