Go!Blog!

Masak.. masak sendiri…

Posted on: February 16, 2007

Masak.. masak sendiri… nyuci baju sendiri….

Penggalan lagu dangdut yang cukup populer. Kalimat itulah yang mungkin tepat menggambarkan keadaanku saat ini.

Sudah lebih dari 4 bulan aku di India, bersama 6 orang kawan. Ada beberapa yang sudah ‘hampir’ menemukan jodoh (maksudnya tunangan dengan orang Indonesia); ada juga yang masih jomblo, seperti daku (promosi banget deh kayaknya….). Dan sayangnya, kok ya kita bertujuh (Magnificent 7) itu cowok semua, coba ada satu atau dua cewek, pasti lebih seru dan tidak akan semenderita ini… (halah). Eits.. jangan piktor dulu ya…. baca deh terus biar tahu lanjutannya…

Karena semuanya cowok, jadi tahu sendirilah, cowok gitu loh…. dan diantara kita juga ndak ada yang spesial… artinya sama aja seperti cowok kebanyakan. Gak seberapa bisa masak, ada satu, tapi ya gitu deh… gak jago-jago banget. Kemproh…. klo lihat cowok gak kemproh terlihat aneh kali ya🙂. Mungkin 1000 : 1 kali ya klo dibandingin antara cowok kemproh dan cowoh gak kemproh… Nah uniknya dari kita bertujuh, hanya ada satu yang bisa di bilang nggak kemproh. Rajin banget deh temenku yang satu ini, sampe penataan lemarinya aja ruapi jali, cewek mungkin kalah. Poll rapinya… padahal dia gak pernah terlihat setrika baju tapi herannya bajunya gak pernah keliatan kusut, tau di kasih jampi-jampi model apa tuh.

Tingkat kekemprohan kami masih dalam tahap kewajaran kok. Mo bukti ? Paling gak sebulan sekali (itupun kalo sempat hehehe) kerja baktilah kita, bersihin dapur, bersihin ruang tamu, dan tak lupa kamar masing-masing.

Masalah masak, ini yang aku bilang kita butuh cewek di area ini. Cewek yang bisa masak loh… Mulai awal sejak datang ke India, kita men’daulat’ salah satu temen buak jadi chef a.k.a tukang masak.

Tapi itu dulu, awal-awal masih di India. Sekarang ? terjadi ‘perpecahan’ di antara kami. Dengan gagah berani kami mulai mencoba ‘resep-resep’ dari chef. Dengan berbekal sedikit pengetahuan tentang nama bumbu, mulai deh kami bereksperimen. Tak terkecuali aku.

Mo tahu apa yang aku masak ? Kata si Chef sih ini namanya ‘orak-arik’. Begini cara buatnya :
– Siapkan bumbu, apa aja yang ada,
o bawang putih (terserah berapa siung), memarkan atau penyetkan
o bawang merah (sak karepe, 5 siung juga ga papa), cincang kasar (soalnya aku gak bisa cincang halus hehehehe)
o merica (aku biasanya pake yang bubuk), secukupnya
o cabe rawit (kalao mau pedes, sekilo juga gak dilarang), potong kecil-kecil.
o garam secukupnya, kalo keasinan berarti yang masak udah ngebet pengen nikah :p

– siapkan sayur,
o Kol, secukupnya
o Kembang Kol, sebutuhnya
o Tomat, 2 cukup deh kayaknya
o Terung, kalo mau
Sayur di atas di cincang sewajarnya, artinya klo kol ya diiris sedang saja jangan terlalu besar atau terlalu kecil. Kalo terlalu besar lama matengnya, keburu protes tu cacing-cacing di perut. :p

– Telur 1 atau 2 butir, telur ayam lebih enak. Tidak disarankan telur sapi (selain yang berbau sapi di india di larang, mana ada sapi yang bertelur.. ngaco lu..)

Cara masak :
– Masukkan semua bumbu (kecuali merica dan garam) pada wajan (penggorengan) yang sebelumnya sudah dipanasi pada api sedang dan di kasih minyak goreng secukupnya.
– Setelah bau harum bawang menyeruak (ceilee….), masukkan semua sayur. Aduk sampai rata sampai kol terlihat layu, kalo belum yakin matang (ya diincipin dong biar yakin…). Jangan lupa GARAM dan MERICAnya dimasukkan.
– Masukkan telur, biarkan sampai setengah matang. Terus cincang tuh telur pake sutil (bahasa indonesiane opo yo ?) biar menjadi irisan tipis-tipis.
– Aduk sampai rata dan matang.

Note : Kalo mau sekalian masukkan juga nasi (setelah matang tentunya), jadi deh nasi goreng.. :d

Resep diatas cukup untuk …. gak tau deh, namanya juga resep gak valid. hehehe. Direkomendasikan dimakan selagi hangat. Dijamin masih cocok untuk lidah orang Indonesia, terutama lidah orang Jawa.

Disclaimer : keenakan rasa tergantung tangan yang masak.😀

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: