Go!Blog!

Tata Cara Sujud Sahwi

Posted on: February 28, 2007

Sekedar pengingat!! Siapa tahu lupa, karena jarang sekali terjadi, setidaknya menurut pengalamanku. Diambil dari :
http://www.mail-archive.com/assunnah@yahoogroups.com/msg04831.html

Alhamdulillah
Untuk tata cara dan pelaksanaan sujud sahwi, akan saya salinkan
penjelasan dari Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin dalam
kitabnya, 257 Tanya Jawab, Fatwa-Fatwa Al-’Ustaimin

SUJUD SAHWI

Pertanyaan.
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ditanya : “Kapan wajibnya sujud
sahwi, sebelum atau sesudah salam ..?”

Jawaban:
Sujud sahwi adalah dua kali sujud yang dilakukan orang shalat untuk menambal
kekurang sempurnaan shalatnya lantaran kena lupa. Sebab kelupaan ada tiga ;
kelebihan, kekurangan dan keraguan.

Kelebihan (tambah) : Jika yang shalat sengaja menambahkan berdiri, duduk,
ruku’ atau sujud, batallah shalatnya.

Jika ia lupa akan kelebihannya dan baru sadar ketika sudah selesai, maka ia
wajib sujud sahwi. Jika sadarnya itu terjadi di tengah-tengah shalat,
hendaklah ia kembali ke shalatnya lalu sujud sahwi. Contohnya, jika ia lupa
shalat Zuhur lima raka’at dan baru ingat sedang tasyahud, hendaklah ia sujud
sahwi dan salam. Jika ingatnya itu di tengah-tengah raka’at kelima,
hendaklah langsung duduk tasyahud dan salam. setelah itu sujud sahwi dan
salam.

Cara di atas bersumber kepada hadits dari Abdullah bin Mas’ud yang
menerangkan bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah shalat Zhuhur
lima rakaat. Lalu ditanyakan apakah ia menambahkan raka’at shalat .? Maka
setelah para sahabat menjelaskan bahwa beliau shalat lima raka’at, beliau
langsung bersujud dua kali setelah salam (shalat). Riwayat lain menjelaskan
bahwa ketika itu beliau berdiri membelahkan kedua kakinya sambil menghadap
kiblat lalu sujud dua kali dan salam.

Sujud sahwi terkadang dilakukan sebelum salam dalam dua tempat :

Pertama.
Jika seseorang kekurangan dalam shalatnya, berdasarkan hadits Abdullah bin
Buhainah Radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sujud
sahwi sebelum salam ketika lupa tasyahud awal.

Kedua.
Ketika yang shalat ragu-ragu atas dua hal dan tak mampu mengambil yang lebih
diyakininya, seperti yang dijelaskan oleh hadits Abi Sa’id al-Khudri
Radhiyallahu ‘anhu tentang orang yang ragu-ragu dalam shalatnya, apakah tiga
atau empat raka’at. Ketika itu, orang tersebut disuruh Nabi Shallallahu
‘alaihi wa sallam agar sujud dua kali sebelum salam. Hadits-hadits yang
barusan telah dikemukakan lafaznya dalam bahasan sebelumnya.

Sedangkan sujud sahwi sesudah salam, dilakukan dalam dua hal :

Pertama.
Ketika kelebihan sesuatu dalam shalat sebagaimana yang terdapat dalam hadits
Abdullah bin Mas’ud tentang shalat Zuhur lima raka’at yang dialami Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau sujud sahwi dua kali ketika sudah
diberitahu oleh para sahabat. Ketika itu beliau tidak menjelaskan bahwa
sujud sahwinya dilakukan setelah salam (selesai) karena beliau tidak tahu
kelebihan. Maka hal ini menunjukkan bahwa sujud sahwi karena kelebihan dalam
shalat dilaksanakan setelah salam shalat, baik kelebihannya itu diketahui
sebelum atau sesudah salam.

Contoh lain, jika orang lupa membaca salam padahal shalatnya belum sempurna,
lalu ia sadar dan menyempurnakannya, berarti ia telah menambahkan salam di
tengah-tengah shalatnya. Karena itu, ia wajib sujud sahwi setelah salam
berdasarkan hadits Abu Hurairah yang menerangkan bahwa Nabi Shallallahu
‘alaihi wa sallam pernah shalat Zuhur atau Ashar sebanyak dua raka’at. Maka
setelah diberitahukan, beliau menyempurnakan shalatnya dan salam. Dan
setelah itu sujud sahwi dan salam.

Kedua.
Jika ragu-ragu atas dua hal namun salah satunya diyakini. Hal ini telah
dicontohkan dalam hadits Ibnu Mas’ud sebelumnya.

Jika terjadi dua kelupaan, yang satu terjadi sebelum salam dan yang kedua
sesudah salam, maka menurut ulama yang terjadi sebelum salamlah yang
diperhatikan lalu sujud sahwi sebelum salam.

Contohnya, umpamanya seseorang shalat Zuhur lalu berdiri menuju raka’at
ketiga tanpa tasyahud awal. Kemudian pada raka’at ketiga itu ia duduk
tasyahud karena dikiranya raka’at kedua dan ketika itu ia baru ingat bahwa
ia berada pada raka’at ketiga, maka hendaklah ia bediri menambah satu rakaat
lagi, lalu sujud sahwi serta salam.

Yakni dari contoh di atas diketahui bahwa lelaki tersebut telah tertinggal
tasyahud awal dan sujud sebelum salam. Ia-pun kelebihan duduk pada raka’at
ketiga dan hendaknya sujud (sahwi) sesudah salam. Oleh sebab itu, apa yang
terjadi sebelum salam diunggulkan. Wallahu ‘alam

[257 Tanya Jawab, Fatwa-Fatwa Al-'Ustaimin, hal 146-148 Gema Risalah Press]
About these ads

22 Responses to "Tata Cara Sujud Sahwi"

ini juga pernah saya bahas di blog saya lho…

untuk bacaan dlm sujud sahwi kok tdk dijelaskan tlg dong

sy mau tanya lagi kalo ada makmum yg menyusul apkah makmum hrs ikut sujud sahwi

Sujud syhawi.. biasanya klo lagi ga khusyuk..

ikutan sujud sahwi yuuuk
hehe

MASALAHNYA ADALAH….BAGAIMANA TATA CARANYA..??
APAKAH SUJUD SAHWI 1 ATAU 2 KALI SUJUD?
APAKAH TIAP2 PERGERAKAN SUJUD SAHWI ADA TAKBIRNYA?
BACAAN SESUAI ASSUNNAH BAGAIMANA?

binun dah…..ttg tata cara sujud sahwi

Bacaan sujud Sahwi:

“Subhana manla yanamu wala yas’hu”
(Maha Suci Allah yang tidak tidur dan tidak lupa)

yer… tolong bagitau secara detail… selepas tahyat akhir… saya nak melakukan sujud sahwi… tolong terangkan secara terperinci dan 1 persatu langkah2nya…

sebelum ini saya lakukan sujud sahwi dgn cara
1. selepas tahyat akhir saya sujud sambil takbir Allahuakhbar
2. dalam sujud saya membaca subhanamalla yanamu walayashu
3. selesai membaca saya bangun untuk duduk sambil takbir Allahuakhbar dan duduk dalam keadaan tahyat akhir dan memberi salam.

betul atau salah cara saya ni?? tolong…. saya ragu2…

1. selepas tahiyat akhir, sujud dan baca subhaanamallaa yanaamu walaayashu

2. kemudian duduk di antara dua sujud dan baca rabbigh firli hingga akhir

3. kemudian sujud lagi dan baca subhaanamallaa yanaamu walaayashu

4. kemudian duduk tahiyat akhir tanpa apa-apa bacaan dan terus beri salam

(seperti biasa lafazkan takbir di antara pergerakan)

Wallahu a’lam

O… terima kaseh atas info … =)

jika KURANG sujud sahwinya sebelum salam kan? berarti pada rakaat terakhir pada saat sujud berjumlah 3 kali digabung dengan sujud sahwi…..
apakah itu BENAR ?

sujud sahwi dilakukan sebelum salam atau sesudah salam ???
mohon d jawab
dan diberikan penjelasan secara detail dan bagaimana cara melakukannya

Ehm…Ketika Sujud Sahwi dalam setiap pergerakan juga mengucapkan takb

mungkin mikirin sidia ketika shalat. jd nggak tau lagi udah raka’at brapa??????? hhhhhehehehehhehehhehe

Saya telah memberi keterangan mengenai sujud sahwi ini pada October 7, 2008, 3:20 pm . Ternyata itu adalah salah. Sebenarnya tidak ada bacaan yang khusus ketika sujud sahwi.

Saya memohon maaf di atas kesilapan itu.

Untuk keterangan panjang lebar sila rujuk kepada:

http://fiqh-sunnah.blogspot.com/2007/08/perihal-tatacara-sujud-syahwi-yang.html

dan boleh dimuat-turun dalam bentuk pdf dari:

http://www.4shared.com/file/22822508/b0cac77e/Perihal_Sujud_Syahwi.html

Antara keterangan di dalam url di atas ialah:

Imam Nawawi r.h. berkata:
Sujud syahwi dilakukan dua kali dan dipisahkan antara kedua-duanya dengan duduk istirasy (duduk antara dua sujud). Sebelum salam, dia hendaklah duduk tawarruk (duduk tahiyyah akhir). Cara sujud dan bacaannya adalah sama seperti sujud dalam solat fardhu. (Kitab al-Majmu’, jil. 4, m/s. 72)

Apakah setelah sujud sahwi selesai itu sebelum salam kita tetap tidak mengucapkan apa2 dan langsung salam? seperti yg saudara Abdullah jelaskan diawal?

Tentang kapan sujud sahwi,apakah sebelum/sesusah salam, ada kontroversi di kalangan ulama manakah yg afdhal, namun mereka sepakat kpn dilakukan , sah shalatnya.
Ringkasnya : pendapat yg rajih , sujud sahwi dilakukan sebelum salam, kecuali dlm 2 kondisi :
1. Ragu dalam jumlah rakaat , namun ada dugaan kuat salah satunya
2. Kurang 1 rakat atau lebih
3. Kelebihan (ruku, sujud, rakaat,dan rukun lainnya)dan diketahui sesaat setelah shalat
(Lihat : Majmu’ Fatawa / Syekh Bin Baz)

Thx infony.tp da yg msh krng jlas.hbs bngkit dr sjud kdua,qt pke bc tahiyat smbl nunjuk g?ato lngsng salam ja.thx lg.

terima kasih atas infonya…

semoga bermanfaat..^__^

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: